Selasa, 20 Desember 2011

sebagian p.r.a.s.a.n.g.k.a. adalah d.o.s.a.

syair cint♥ anisya


sebagian p.r.a.s.a.n.g.k.a. adalah d.o.s.a.
by : ud@dive~ dradio-man
Jakarta, 3 September 2011







bismillaahir rohmaanir rohiim
assalamu'alaykum warohmatullaahi wabarokaatuh


Sahabat kami yang dirahmati oleh allah subhanahu wa ta'ala...

rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, yang artinya :

jauhilah prasangka, karena prasangka adalah sebohong-bohongnya perkataan. janganlah engkau mencaritahu perkataan orang lain (tajassus), dan janganlah engkau saling menggunjing. jadilah hamba allah yang saling bersaudara.” (bukhari, muslim, abu dawud, at-tirmidzi, dan malik).

oleh karena itu berhati-hatilah, jagalah dirimu agar tidak masuk dalam kubangan kebinasaan. janganlah engkau sok merasa tahu perkara yang tidak ada sangkut pautnya dengan dirimu, saringlah berita-berita yang keluar dari mulut orang fasik. janganlah bersandar kepada khabar burung yang belum tentu kebenarannya, dalam pembenaran terhadap yang haqq dan menyalahkan yang bathil.

berpeganglah pada adab ketika melaksanakan hubungan vertikal dengan allah ta’ala, dalam perkataan dan perbuatan, dan berpeganglah pada adab ketika berhubungan horizontal dengan sesama manusia, dalam menjaga kehormatan dan hak-haknya.

begitu juga jangan jadikan prasangka sebagai pondasi dalam tuduhan ini atau pembebasan itu. sebab mayoritas prasangka adalah dosa, dan merupakan sebohong-bohongnya perkataan. sedangkan maksud perkataan di sini adalah perkataan jiwa yang selalu mendorong untuk berbuat kejelekan.

allah subhanahu wa ta’ala berfirman, yang artinya :

hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa…” (al-hujurat : 12).

wahai orang yang beriman kepada kitab yang diturunkan kepada kekasihmu (muhammad saw), di dalamnya rabb-mu menyeru kamu untuk menggapai keutamaan, serta melarangmu bertindak buruk.

janganlah engkau membiarkan dirimu terperosok dalam jurang kebinasaan, dengan berprasangka buruk kepada saudaramu yang beriman. dirimu menyimpan keraguan, ketidakjelasan, prasangka buruk, mengapa? padahal, “sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa.”

apabila setiap jiwa bersih dari penyakit ini, insyaallah akan terbentuk sebuah komunitas yang harmonis, jauh dari segala bentuk perseteruan, dan prasangka buruk yang tidak berdasar.

wallahua’lam bish-showab.






barakallaahu fiekum
wassalamu'alaykum wr.wb.
ud@dive~ dradio-man




Tidak ada komentar: